Jumat, 07 Desember 2007

Midai: Sisa Kejayaan Negeri Cengkeh

BANGUNAN Koperasi Ahmadi & CO masih tegak. Aktivitas keseharian pun masih berjalan. Tapi sudah tak seperti dulu lagi, ketika kebesaran perusahaan ini bahkan sampai memiliki cabang di Singapura.
Ada sisa kejayaan yang masih tertinggal: sebuah prasasti bertanda tangan Muhammad Hatta, Wakil Presiden pertama RI. Sekitar 1949 Bung Hatta datang ke Pulau Midai, satu dari sekian ratus pulau-pulau kecil di gugus perairan Natuna. Selain melihat kehidupan di pulau perbatasan RI dengan Vietnam tersebut, Bapak Koperasi Indonesia juga dibuat takjub dengan keberadaan serikat dagang orang Melayu: Ahmadi & CO tersebut. Diperkirakan, Ahmadi & CO adalah sebuah koperasi yang tumbuh pada deret paling awal di republik yang sempat bercita-cita membangun ekonomi kerakyatan melalui koperasi ini.
Kolektor naskah-naskah kuno di Pulau Penyengat Raja Malik, punya cerita tersendiri tentang kedatangan Bung Hatta ke Tanah Midai. Begitu sampai, Bung Hatta langsung masuk ke dalam kantor dn memeriksa buku-buku laporan keuangan perusahaan. Di situ, Bung Hatta dibuat terkagum-kagum. “Ini sebuah lembaga ekonomi pertama di Nusantara yang manajemennya sangat rapi,” kata Malik menirukan kira-kira ucapan Bung Hatta saat itu.
Serikat dagang itu berawal dari sekumpulan pemukir, penulis dan politisi yang tergabung dalam Rusdiyah Club di Pulau Penyengat. Kajian diskusi Rusdiyah saat itu masih seputar politik dan kebudayaan. Namun pada dekade sekitar 1890-an, para pemikir di Rusdiyah merasa perlu untuk mengembangkan sayap bisnis, dengan tujuan dapat menggerakkan roda ekonomi dan sekaligus memberikan penghasilan kepada anggota keluarga kerajaan.
Maka disepakatilah pembentukan serikat dagang yang bernama Asyarikatul Ahmadiyah. Dalamn perkembangannya, berdasarkan survei yang mereka lakukan ke berbagai penjuru pulau-pulau di Kerajaan Riau Lingga, para pemikir Rusdiyah Club sepakat memindahkan usaha dagang mereka ke Midai. Komoditas cengkeh dan kopra yang tumbuh subur di tanah Midai menjadi faktor lahirnya keputusan itu.
Meski luasnya hanya sekitar 18 kilo meter kalau dikeliling, tapi tanah Midai dikaruniai kesuburan luar biasa. Di antara deretan pepohonan cengkeh, kelapa masih bisa tumbuh subur.
Seorang penduduk Midai, Andri Chandra memberi ilustrasi kesuburan tanah di Negeri Cengkeh itu. “Biasanya, kalau orang habis tanam ubi, mau tanam tanaman lain, dibiakan dulu. Tapi di sini (Midai), tak perlu. Bisa langsung tanam saja,” kata Andri, yang berprofesi sebagai petani itu.
Maka pada 1906, didirikanlah Ahmadi & CO. CO adalah kependekan corporation. Nama Ahmadi sendiri diambil dari salah satu pendirinya, yang sekaligus pemegang saham utama, yakni Raja Ahmad Ibnu Umar.
Sulit dilacak sejak kapan penduduk Midai mulai menanam cengkeh. Tetapi, begitu komoditas itu tumbuh subur dan semakin terkenal kualitasnya ke seantero negeri, Ahmadi & CO pun sukses besar. Serikat dagang ini sebetulnya punya anak perusahaan di Singapura, Ahmadi Press yang bergerak di bidang percetakan Tapi diperkirakan, omset penjualan Cengkeh dari Midai menjadi penyumbang terbesar keuntungan serikat dagang tersebut. Saat itu, Ahmadi & CO memasarkan cengkehnya ke Singapura, yang kemudian diteruskan ke berbagai penjuru dunia, sampai ke Turki.

4 komentar:

bisnis mengatakan...

Mantab, Ji. Teruskan cerita-ceritanya.

Mustari

trisnoajiputra.blogspot.com mengatakan...

Thanks bang mus...

Unknown mengatakan...

Bolehkah saya mengutip artikel ini untuk menjadi referensi tulisan saya mengenai nasionalisme di perbatasan Indonesia?
Terima kasih banyak

Unknown mengatakan...

ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,RUSLAN KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, RUSLAN SALEH KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN.

JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI RUSLAN SALEH DI NMR (_+_6_2_8_1_2_4_3_4_7_7_4_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK)www.penarikan-uang-ghaib.webs.com SAYA SUDAH BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
╔══╗═════╔╗═════
╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
═══════╚═╝═╚═╝══
★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★